My DeviantArt Gallery

Minggu, 08 Agustus 2010

Standar Kompetensi AQIDAH AKHLAK

Satuan Pendidikan : Maderasah Aliyah Negeri 1 Mataram
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak.
Kelas / Semester : XI / Ganjil
Standar Komptensi : 1 Memahami Ilmu Kalam

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber /Alat bahan

1. Menjelaskan pengertian dan fungsi ilmu kalam Pengertian dan fungsi ilmu kalam • Menjelaskan pengertian ilmu kalam .
• Mendiskusikan fungsi ilmu kalam.
• Membaca referensi yang terkait dengan sejarah munculnya ilmu kalam.
• Mendiskusikan masalah poko ilmu kalam. 1. Mendiskusikan pengertian ilmu kalam.
2. Menjelaskan kan fungsi ilmu kalam.
3. Mendiskusikan sejarah munculnya ilmu kalam.
4. Menyebutkan masalah pokok ilmu kalam. Tugas.
 Individu.
 Kelompok. 2 jam Sumber :
Buku-buku aqidah yang relevan.
Bahan lembar kerja dan hasil kerja siswa.
Alat :
1. White board dan spidol.
2. Kertas.




2. Menjelaskan hubungan ilmu kalam dengan ilmu lainya. Hubungan ilmu kalam dengan ilmu lainya. • Nama-nama lain dari ilmu kalam.
• Menganalisa hubungan ilmu kalam dengan ilmu keislaman lainya. 1. Menyebutkan nama-nama lain dari ilmu kalam.
2. Menyimpulkan nama-nama lain dari ilmu kalam.
3. Menganalisa hubungan ilmu kalam dengan ilmu keislaman lainya.
4. Menyimpulkan hubungan ilmu kalam dengan ilmu keislaman lainya. Tugas
 individu
 kelompok 2 jam










3. Menerapkan ilmu kalam dan mempertahan kan aqidah. Penerapan ilmu kalam dan mempertahankan aqidah. • Menjelaskan akhlak-akhlak dalam ilmu kalam.
• Mendiskripsikan sikap akhlak ilmu kalam dalam mempertahankan aqidah. 1. Menjelaskan akhlak-akhlak dalam ilmu kalam.
2. Menunjukan sikap akhlak ilmu kalam dalam mempertahankan aqidah Tugas
 idividu
 kelompok.
 Diskusi
makalah. 4 jam








Mengetahui kepala MAN 1 Mataram. Mataram .8 juli 2010 
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah Negri 1 Mataram.
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak.
Kelas / Semester : XI / Ganjil
Sstadar Kompetensi : 2. Memahami Aliran-aliran Ilmu Kalam dan Tokohnya.

Kompetensi dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Alat / Bahan.

1. Menjelaskan aliran-aliran ilmu kalam, tokoh –tokoh dan pandangan-pandangannya
Khawaij, manjiah, syiah, jabaniyah, qada niyah, asseniyah, almata nidiniyah,min tazilah, dan theal ogi pembahasan. Aliran-aliran ilmu kalam , tokoh-tokoh dan pandangan-pandangannya khawaij, manjiah,syiah, jabaniyah,qadaniyah, asyaniyah, almatanidiniyah, man tazilah, dan lain-lain seperti thealogi transpormantve. • Menjelaskan macam-macam aliran dalam ilmu kalam.
• menjelaskan pengertian macam-macam aliran dalam ilmu kalam.
• Mengidentifikasi tokoh-tokoh dalam ilmu kalam.
• Menjelaskan pandangan atau pendapat dari alirab dalam ilmu kalam.
• Mengidentifikasi contoh-contoh thealogy transpormative dan thealogy pembahasan. 1. Menyebutkan macam-macam aliran dalam ilmu kalam.
2. Menjelaskan pengertian macam-macam aliran dalam ilmu kalam.
3. Menejlaskan thealogi transpormative dan thealogi pembahasan. Tugas
 Individu
 kelompok 6 jam Sumber :
Buku-buku aqidah yang relevan.
Bahan lembar kerja dan hasil kerja siswa.
Alat :
1. White board dan spidol.
2. Kertas.
pembahasan Asgkam Ali Easineen.
2. menganalisa perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan yang lainnya. Perbedaan antara ilmu kalam yang Satu dengan yang lainnya. • Mendiskusikan persamaan dan perbedaan dalam aliran ilmu kalam. 1. Membandingkan perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan yang lainnya.
2. Menunjukan dalil naqli yang berkaitan dengan ilmu kalam.
3. Menterjemahkan dalil naqli yang berkaitan dengan ilmu kalam. Tugas
 Individu
 kelompok 2 jam.







3 . menunjukan contoh-contoh perilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam. Beberapa contoh perilaku orang yang ber aliran tertentu dalam ilmu kalam. • Membaca buku iteglensi yang berkaitan dengan dasar pemikiran dalam ilmu kalam.
• Mendiskusikan hikmah adanya perilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam. 1. Menjelaskan sikap orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam.
2. Menjelaskan hikmah orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam.
3. Menceritakan kembali tentang salah sesorang tokoh ilmu kalam yang mempertahankan pendapatnya seperti: Hasan Albasgai. Tugas
 Individu.
 kelompok 2 jam











Satuan Pendidikan : Maderasah Aliyah Negeri 1 Mataram.
Mata pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester : XI /Ganjil.
Standar Kompetensi : 3. Perilaku Terpuji.

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indicator Penilaian Alokasi waktu Sumber/ Alat / Bahan.
1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian,berhias, perjalanan,bertamu dan menerima tamu. Pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian , berhias, pejalanan, bertamu dan menerima tamu. • Menjelaskan pengertian menutup aurat.
• Mendiskusikan batas-batas aurat bagi laki-laki dan wanita.
• Membaca, menulis, menterjemahkan dilingkungan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, beratamu dan menerima tamu. 1. Menjelaskan pengertian menutup aurat.
2. Menunjukan batas-batas aurat bagi laki-laki dan wanita.
3. Mengidentipikasi dalil naqli tentang pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu. Tugas
 Individ.
 Kelompok. 2 jam Sumber :
Buku-buku aqidah yang relevan.
Bahan lembar kerja dan hasil kerja siswa.
Alat :
1. White board dan spidol.
2. Kertas.
2. Mengidentipikasi bentuk-bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu. Bentuk akhlak berpakaian ,berhias, perjalanan bertamu, menerima tamu. • Bermain pun bentuk akhlak, berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, menerima, tamu.
• Menjelaskan nilai negative akibat tak melaksanakan bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu. 1. Menjelaskan bentuk akhlak berpakean,berhias,perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
2. Membandingkan bentuk akhlak berpakean,berhias,perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
3. Menjelaskan nilai negative akibat tak melaksanakan bentuk akhlak berpakiaan,berhias,perjalanan, bertamu dan menerima tamu. Tugas.
 Individu.
 kelompok 2 Jam.






3 . Menunjukan nilai positif dari akhlak berpakaian ,berhias,perjalanan, bertamu dan menerima tamu. Nilai positive dari akhlak berpakaian,berhias,perjalanan, bertamu dan menerima tamu. • Mendiskusikannya hikmah dilaksanakannya bentuk akhlak berpakean,berhias,perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
• Menjelaskan penilaian orang yang berperilaku akhlak berpakean,berhias,perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
• Memberikan contoh orang-orang yang melaksanakan akhlak berpakean,berhias,perjalanan, bertamu dan menerima tamu. 1. Menyebutkan nilai positive melaksanakan bentuk akhlak berpakean,berhias,perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
2. Menunjukan hikmah dilaksanakannya akhlak berpakean,berhias,perjalanan, bertamu dan menerima tamu. 2 jam










Mengetahui kepala MAN 1 Mataram. Mataram .8 juli 2010










Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah Negeri 1 Mataram.
Mata pelajaran : Aqidah Akhlak.
Kelas / Semester : XI / Ganjil.
Standar Kompetensi : 4. Menghindari Perilaku Tercela.

Kompetensi dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi waktu Sumber/ Alat / Bahan.
1. Menjelaskan pengertian dosa besar : mabuk, zina, mencuri, berjudi,mengkosumsi narkoba. Pengertian dosa besar : mabuk, zina, mencuri, berjudi,mengkosumsi narkoba. • Mejelaskan difinisi dosa besar.
• Membaca, menulis, menterjemahkan dali tentang mabuk, zina, mencuri, berjudi,mengkosumsi narkoba.

1. Mendifinisikan tentang dosa besar.
2. Mencari dalil tentang mabuk, zina, mencuri, berjudi,mengkosumsi narkoba. Tugas.
 Individu.
 kelompok 2 jam Sumber :
Buku-buku aqidah yang relevan.
Bahan lembar kerja dan hasil kerja siswa.
Alat :
1. White board dan spidol.
2. Kertas.


2 . Mendifinisikan bentuk dan contoh-contoh dosa besar : mabuk, zina, mencuri, berjudi,mengkosumsi narkoba. Bentuk dan contoh-contoh dosa besar : mabuk, zina, mencuri, berjudi,mengkosumsi narkoba. • Menjelaskankan macam-macam dosa besar.
• Mendiskusikan orang yang suka mabuk, zina, mencuri, berjudi,mengkosumsi narkoba. 1. Menyebutkan macam-macam dosa besar.
2. Menunjukan perilaku orang yang mabuk, zina, mencuri, berjudi,mengkosumsi narkoba. 2 jam
3 . Menunjukan nilai-nilai negative akibat perbuatan dosa besar : mabuk, zina, mencuri, berjudi,mengkosumsi narkoba. Nilai negative akibat perbuatan dosa besar : mabuk, zina, mencuri, berjudi,mengkosumsi narkoba. • Mendiskusikan pentingnya menghindari dosa besar : mabuk, zina, mencuri, berjudi,mengkosumsi narkoba.
• Menjelaskan akibat negativ yang di timbulkan dari melakukan dosa besar : mabuk, zina, mencuri, berjudi,mengkosumsi narkoba. 1. Menjelaskan pentingnya menghindari dosa besar : mabuk, zina, mencuri, berjudi,mengkosumsi narkoba.
2. menunjukan akibat negative yang ditimbulkan dari melakukan dosa besar : mabuk, zina, mencuri, berjudi,mengkosumsi narkoba. Tugas.
 Individu.
 Kelompok.
4 jam
















4 . Membiasakan diri untuk menghindari perilaku dosa besar : mabuk, zina, mencuri, berjudi,mengkosumsi narkoba. Upaya menghindari perilaku dosa besar : mabuk, zina, mencuri, berjudi,mengkosumsi narkoba. • Mendiskusikan akibat positif meninggalkan dosa besar.
• Mengetahui beberapa menghindari dosa besar.
• Mendiskusikan hikmah dari menghindari dosa besar. 1. Menjelaskan akibat positif meninggalkan dosa besar.
2. Membiasakan menghindari dosa besar.
3. Menjelaskan hikmah menghindari dari dosa besar Tugas.
 Individu.
 Kelompok.
2 jam




Mengetahui kepala MAN 1 Mataram. Mataram .8 juli 2010

Nama Madrasah : MAN 1 MATARAM
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester : X / 1
Setandar Kompetensi : Memahami Perinsip-perinsip dan Metode Kualitas Akidah.

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi waktu Sumber
1.1. Menjelaskan pengertian perinsip-perinsip aqidah 1. Pengertian aqidah
2. Perinsip-perinsip aqidah • Menjelaskan pengertian aqidah islam
• Menjelaskan perinsip-perinsip aqidah islam
• Mendiskusiakan beberapa dalil nakli tentang aqidah islam 1.1.1 Menjelaskan pengertian aqidah Islam
1.1.2 Menjelaskan perinsp-perinsip aqidah islam
1.1.3 Menjelaskan beberapa dalil nakli tentang aqidah islam Kinerja.
 Diskusi.
 Belok tes. 4x45
Menit • Buku Menjaga Aqidah Akhlak Kelas X MA KTSP, TS 2008
• Al-Qur’an dan Terjemahanya
1.2. Menjelaskan ruang lingkup dan mitode-mitode oeningkatan aqidah 2. Ruang lingkup aqidah Islam
3. Macam-macam metode-metode
peningkatan aqidah
 Dokterin
 Hikmah
 Kosmologi
 ilmiah




• Menjelaskan ruang lingkup aqidah Islam
• Mendiskripsikan metode-metode peningkatan aqidah 3.1.1. Mengindentifikasi ruang lingkup aqidah islam
3.1.2. Menyebutkan metode-metode peningkatan aqidah
3.1.3. Merealisasikan kualitas aqidah dalam kehidupan sehari-hari. Kinerja
 sikap dan praktek
 bloktes 4x45
Menit • Buku Menjaga Aqidah Akhlak Kelas X MA KTSP, TS 2008
• Buku Aqidah ahklak kelas 1, karya toha putrid
• Al-Qur’an dan Terjemahan








Mengetahui kepala MAN 1 Mataram. Mataram .8 juli 2010


Standar Kompetensi : Memahami Tauhid

Komptensi dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penelaian Alokasi waktu Sumber
2.1. Menjelaskan pengertian tauhid dan istilah-istilah lainnya 1. Memahami makna tauhid dan istilah-istilahnya Ushuluddin, akidah, Ilmu Kalam
2. Dalil yang berhubungan dengan tauhid • Menjelaskan pengertian tauhid dan makna kalimat tauhid
• Menjelaskan istilah-istilah dalam ilmu tauhid 2.1.1. Menjelaskan pengertian tauhid
2.1.2. Menjelaskan makna kalimat tauhid.
2.1.3. Menyebutkan istilah-istilah tauhid.
2.1.4. Menunjukan dalil-dalil yang berhungan dengan tauhid. Kinerja.
 sikap dan praktek.
 Blok tes 2x45
Menit • Buku Menjaga Aqidah Akhlak Kelas X MA KTSP, TS 2008
• Buku akidah akhlak kelas 1 karya taha p.2004
• Al-Qur’an dan Terjemahan

2.2. Menjelaska macam- macam tauhid 1. Macam-macam tauhid uluhiyah,rubu, giyah,mulkiyah,rahmniyah

2. Mengenal allah dari dalil-dalil nakli • Menjelaskan tauhid uluhiyah
• Menjeslakkan tauhid rubiyah.

• Menjjelaskan tauhid mulkiyah.
• Menjellaska tauhid ramaniyah.
• Mencari dalil-dalil yang berhubungan dengan tauhid. 2.2.1. Menyebutkan macam-macam tauhid.
2.2.2. Menjelaskan pengrtian macaam –macam tauhid.

2.2.3. Mendiskusikan dalil tentang tauhid Uluhiyah, Rububiyah, Mulkiyah dan Ramaniyah.  Tes tulis.
 Diskusi.
 Tugas kelompok 2x45
Menit • Buku Menjaga Aqidah dan Akhlak Kelas X MA KTSP, TS 2008
• Buku akidah akhlak kelas 1 karya taha p.2004
• Al-Qur’an dan Terjemahan
2.3. Menunjukan perilaku orang yang bertauhid 1. Cir-ciri orang yang bertauhid.
2. Hikmah bagi orang yang berr tauhid • Menjelaskan kisah tokoh nabi Ibrahim dalam mencari tuhan.
• Menjelaskan kisah tokoh nabi sulaiman al-farisi dalam mencari tuhan.
• Mempersentasikan cirri-ciri ketauhidtan pada kedua tokoh tersebut.
• Menguraikan hikmah bagi orang yang bertauhid. 2.3.1. Mengidentifikasi prilaku tokoh-tokoh yang bertauhid.
2.3.2. Menunjukan cirri-ciri orang yang berprilaku tauhid.
2.3.3. Menunjukan contoh orang-orang yang berprilaku tauhid.
2.3.4. Meneladani tokoh-tokoh yang berprilaku tauhid.
2.3.5. Menunjukan hikmah bagi orang-orang yang bertauhid.
 Tugas individu.
 Blok tes.











2x45
menit • Buku Menjaga Aqidah dan Akhlak Kelas X MA KTSP, TS 2008
• Buku akidah akhlak kelas 1 karya taha p.2004
• Al-Qur’an dan Terjemahan






2.4. Menerapkan prilaku tauhid dalam kehidupan sehari-hari. 1. Hikmah bagi orang-orang yang bertauhid • Mencari dan membaca buku referensi yang berhubungan tentang teladan bagi orang-orang yang bertauhid.
• Menjelaskan akibat bagi orang-orang yang tidak bertauhid.
• Mendiskusikan hikmah bagi orang-orang yang bertauhid. 2.4.1. Meneladani orang-orang yang berprilaku tauhid.
2.4.2. Menunjukan akibat bagi orang-orang yang tidak bertauhid.
2.4.3. Menunjukan hikmah bagi orang yang bertauhid.
 Diskusi.
 Tes tulis. 2x45
menit • Buku Menjaga Aqidah dan Akhlak Kelas X MA KTSP, TS 2008
• Buku akidah akhlak kelas 1 karya taha p.2004
• Al-Qur’an dan Terjemahan





Mengetahui kepala MAN 1 Mataram. Mataram .8 juli 2010


Standar kompetensi : Memahami Syirik Dalam Islam

Kompetensi dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi waktu Sumber
3.1. Menjelaskan pengertian syirik. Deskifsi tentang sirik • Menjelaskan pengertian syirik.
• Mendiskusikaan dalil nakli yang berbentuk dengan syirik.
• Menunjukan katagori prilaku yang termasuk syirik. 3.1.1. Mengidentifikasi tentang syirik.
3.1.2. Menganalisis dalil naqli yang berhubungan dengan syirik.
3.1.3. Menunjukan katagori berprilaku yang termasuk syirik .


Penilaian kinerja
 sikap dan praktek
 Blok tes 2x45
menit • Buku Menjaga Aqidah dan Akhlak Kelas X MA KTSP, TS 2008.
• Al-Qur’an dan Terjemahan

3.2. Mengintifikasi macam-macam syirik, Macam-macam syirik. • Menjelaskan macam-macam syirik.
• Menjelaskan contoh orang yang menghindari prilaku syirik.
• Mencari dalil-dalil yang melarang syirik. 3.2.1. Menyebutkan macam-macam syirik.
3.2.2. Menjelaskan dalil-dalil tentang larangan syirik.
3.2.3. Menunjukan contoh orang yang menghindari prilaku syirik. Kinerja
 sikap dan prilaku
 Tes tulis 2x45
menit
• Buku Menjaga Aqidah dan Akhlak Kelas X MA KTSP, TS 2008
• Al-Qur’an dan Terjemahan.
3.3. Menunjukan prilaku orang yang berbuat syirik. Prilaku bagi orang yang berbuat syirik. • Mendiskusikan tentang prilaku syiirik.
• Menjelaskan akibat bagi orang yang berprilaku syirik.
• Menjelaskan cara menghindari prilaku syirik. 3.3.1. Mendemonstrasikan contoh orang yang berprilaku syirik.
3.3.2. Menunjukan akibat orang berprilaku syirik.
3.3.3. Menghindari prilaku syirik.  Tugas kelompok.
 Tugas individu.
 Blok tes. 2x45
Menit
• Buku Menjaga Aqidah Akhlak Kelas X MA KTSP, TS 2006
• Buku Menjaga Aqidah Akhlak Kelas X MA KTSP, TS 2008
• Al-Qur’an dan Terjemahan


3.4. Menjelaskan akibat berbuat syirik. Akibat dari berbuat syirik. • Menjelaskan contoh-contoh akibat buruk dari prilaku syirik.
• Menyebutkan beberapa hikmah dari menghindari perilakusyirik. 3.4.1. Member contoh akibat buruk dari prilakusyirik.
3.4.2. Menunjukan hikmah dari prilaku syirik. Kinerja.
 Sikap dan praktek
 Blok . 2x45
Menit • Buku Menjaga Aqidah dan Akhlak Kelas X MA KTSP, TS 2008
• Al-Qur’an dan Terjemahan

3.5. Membiasakan diri menghindari hal-hal yang mengarah kepada perbuatan syirik dalam kehidupan sehari-hari Menghindarkan diri dari hal-hal yang mengarah kepada perbuatan syirik. • Mendiskusikan hal-hal yang mengarah kepada perbuatan syirik.
• Menjelaskan contoh perbuatan yang mengarah kepada perbuatan syirik.
• Menjelaskan hal-hal yang mengarah kepada perbuatan syirik. 3.5.1. Menganalisis hal-hala yang mengarah kepada perbuatan syirik.
3.5.2. Member contoh perbuatan yang mengarah kepada syirik.
3.5.3. Menyebutkan hal-hal yang mengarah kepada perbuatan syirik.  Diskusi.
 Blok tes. 2x45
Menit • Buku Menjaga Aqidah Akhlak Kelas X MA KTSP, TS 2008
• Al-qur’an dan terjemahan







Mengetahui kepala MAN 1 Mataram. Mataram .8 juli 2010
Standar Kompetensi : Memahami Maslah Akhlak dan Metode Peningkatan Kualitas Akhlak.
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi waktu Sumber
4.1. Menjelaskan pengertian akhlak.
1. Pengertian dan ruang lingkup ahlak.
2. Persamaan antara etika, moral dan ahklak.
3. Contoh orang yang memiliki akhlak terpuji. • Mendiskusikan pengertian akhlak.
• Mencari dan membaca buku refernsi yang terkait dengan ruang lingkup akhlak.
• Mempersentasikan persamaan antara etika, moral dan akhlak.
• Menjelaskan contoh-contoh orang yang memiliki ahklak terpuji. 4.1.1. Mengidentifikasi pengertian akhlak.
4.1.2. Menjelaskan ruang lingkup akhlak.
4.1.3. Menunjukan persamaan antara etika, moral dan ahklak.
4.1.4. Menunjukan contoh orang yang memiliki akhlak terpuji. Penilaian
Kinerja
 sikap dan praktek.
 Blok tes. 4x45
Menit
• Buku Menjaga Aqidah dan Akhlak Kelas X MA KTSP, TS 2008
• Al-Qur’an dan Terjemahan
• Buku akidah akhlak kelas 1 karya toha p.2004
4.2. Menjelasskan induk-induk ahklak terpuji dan induk-induk akhlak tercela. Induk-induk ahklak terpuji dan induk-induk akhlak tercela. • Mencari referensi tentang induk akhlak terpuji.
• Mendiskrifsikan tentang induk akhlak tercela.
• Mencari dalil tengtang aklak terpuji dan akhlak tercela. 4.2.1. Menyebutkan induk akhlak terpuji.
4.2.2. Menyebutkan induk akhlak tercela.
4.2.3.Menganalisa dalil tentang akhlak terpuji dan tercela. Peneilaian kinerja.
Tugas
 kelompok.
 Blok tes. 2x45
Menit
• Buku Menjaga Aqidah Akhlak Kelas X MA KTSP, TS 2008
• Al-qur’an dan terjemahan
4.3. Menjelaskan macam-macam metode peningkatan kualitas akhlak dan penerapan metode peningkatan kualitas akhlak dalam kehidupan. 1. Metode peningkatan kualitas akhlak.
2. Kualitas akhlak dalam kehidupan. • Mengidentifikasi macam-macam metode peningkatan kualitas akhlak.
• Mendiskusikan kualitas ahklak dalam kehidupan.
• Menyimpulkan materi yang di dixkusikan bersama anggota kelompok masing-masing. 4.3.1. Menyebutkan macam-macam metode peningkatan kualitas akhlak.
4.3.2. Menerapkan akhlak yang berkualitas dalam kehidupan. Penilaian kinerja.
 sikap dan praktek.
 Tugas dan kelompok.
 Belok tes. 4x45
Menit Buku menjaga akidah dan akhlak kelas X madrasah aliyah ktsp. Tiga serangkai 2008.
Al-qur’an dan terjemahannya.








Mengetahui kepala MAN 1 Mataram. Mataram .8 juli 2010


Satuan Pendidikan : MAN 1 MATARAM
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester : XI / 2
Standar Kompetensi : 1. Memahami Tasawuf

Kompetensi Dasar Manjteri Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber /Alat bahan
1. Menjelaskan pengertian asal-usul dan istilah-istilah dalam ilmu tasawuf. Pengertian asal-usul dan istilah-istilah dalam ilmu tasawuf. 1. Menjelasakan pengertian ilmu tasawuf.
2. Membaca reperensi yang berkaitan dengan asal-usul tasawuf.
3. Mendiskusikan asal-usul dan istilah-istilah dalam ilmu tasawuf.
4. menyimpulkan asal-usul dan istilah-istilah yang ada dalam ilmu tasawuf. 1. Mendifinisikan pengertian tasawuf.
2. Menjelaskan istilah-istilah dalam tasawuf.
3. Menelusuri asal-usul tasawuf.
4. Menerapkan tasawuf dalam kehidupan sehari-hari. Tugas
 Individu.
 Kelompok. 2 jam Sumber : buku
Akhlak tasawuf
Oleh prof.Dr.H. Abbudin Nata.MA.
Tasawuf nusantara .
Oleh Dr. Hj. Sri Mulyati MA.
Buku-buku aqidah yang relevan.
Alat :
1. White board dan spidol.
2. Kertas.
2. Menjelaskan fungsi dan peranan tasawuf dalam kehidupan modern. Fungsi dan peraan tasawuf dalam kehidupan modern. 1. Menjelaskan fungsi dan peranan tasawuf
2. Menganalisa fungsi dan peranan tasawuf.
3. Menyimpulkan fungsi dan peranan tasawuf dalam kehidupan modern. 1. Menjelaskan fungsi tasawuf.
2. Menganalisa peranan tasawuf.
3. Menyimpulkan fungsi ilmu tasawuf. Tugas
 Individu.
 Kelompok 2 jam Sumber : buku
Akhlak tasawuf
Oleh prof.Dr.H. Abbudin Nata.MA.
Tasawuf nusantara .
Oleh Dr. Hj. Sri Mulyati MA.
Buku-buku aqidah yang relevan.
Alat :
1. White board dan spidol.
2. Kertas.
3. Dll.
3 . Menunjukan contoh-contoh perilaku bertasawuf. Contoh-contoh perilaku bertasawuf. 1. Menjelaskan contoh-contoh perilaku tasawuf.
2. Mendiskusikan perilakuyang termasuk tasawuf. 1. Menyebutkan contoh-contoh perilaku tasawuf.
2. Menyimpulkan perilaku yang termaasuk dalam tasawuf. Tugas
 Individu.
 Kelompok 2 jam Sumber : buku
Akhlak tasawuf
Oleh prof.Dr.H. Abbudin Nata.MA.
Tasawuf nusantara .
Oleh Dr. Hj. Sri Mulyati MA.
Buku-buku aqidah yang relevan.
Alat :
1. White board dan spidol.
2. Kertas.
3. Dll.
4 . Menerapkan tasawuf dalam kehidupan Modern Penerapan tasawuf dalam kehidupan Modern 1. Menjelasakan took-tokoh dalam tasawuf.
2. Menyebutkan prilaku tasawuf menurut tokoh-tokoh tasawuf dalam kehidupan modern.
3. Menyimpulkan cara menerapkan tasawuf dalam kehidupan modern. 1. Menyebutkan tokoh-tokoh dalam tasawuf.
2. Menyebutkan perilaku tasawuf menurut tokohnya dalam kehidupan Modern.
3. Menunjukan cara penerapan tasawuf dalam kehidupan Modern.
4. Menceritakan salah satu tokooh tasawuf yang kuat dengan pendapatnya/ajaranya. Tugas
 Individu.
 Kelompok 2 jam Sumber : buku
Akhlak tasawuf
Oleh prof.Dr.H. Abbudin Nata.MA.
Tasawuf nusantara .
Oleh Dr. Hj. Sri Mulyati MA.
Buku-buku aqidah yang relevan.
Alat :
1. White board dan spidol.
2. Kertas.
3. Dll.

Mengetahui kepala MAN 1 Mataram. Mataram .8 juli 2010
Standar Kompetensi :2. Membiasakan Prilaku Terpuji.

Kompetensi Dasar Manjteri Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber /Alat bahan
1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan Pengertian dan pentingnya adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan. 1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan.
2. Mendiskusikan pentingnya contoh-contoh dari adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan.
3. Membaca menulis dan menterjemahkan dalil dari adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan. 1. Menjelaskan pengertian adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan.
2. Menunjukan pentingnya contoh-contoh dari sifat adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan.
3. Menganalisa dalil-dalil dari adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan Tugas
 Individu.
 Kelompok 2 jam Menjaga aqidah akhlak kelas x1. Tiga serangkai.
Buku-buku yang relevan dengan poko bahasan .
Alat :
1. White board dan spidol.
2. Kertas.
3. Dll.
2. Mengidetifikasi perilaku orang yang berbuat adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan. Perilaku orang yang berbuat adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan. 1. Menjelaskan Perilaku orang yang berbuat adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan.
2. Bermain perlu Perilaku orang yang berbuat adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan.
3. Membandingkan orang yang berbuat adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan.
4. Menyimpulkan dari ke 4 sifat terpuji adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan 1. Menjelaskan Perilaku orang yang berbuat adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan.
2. Membandingkan dari Perilaku orang yang berbuat adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan.
5. Menyimpulkan orang yang berbuat adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan Tugas
 Individu.
 Kelompok 2 jam Menjaga aqidah akhlak kelas x1. Tiga serangkai.
Buku-buku yang relevan dengan poko bahasan .
Alat :
1. White board dan spidol.
2. Kertas.
3. Dll.


3 . Menunjukan nilai positif adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan Nilai- nilai positif adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan 1. Mendiskusikan hikmah dilaksanakannya sikap adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan.
2. Memberikan contoh orang yang bersifat adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan.
3. Mennyimpulkan hikmah dan contoh dari orang yang bersifat adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan.
1. Menyebutkan nilai-nilai positif dilaksanakan adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan.
2. Menyebutkan contoh orang yang bersifat adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan.
3. Menyimpulkan hikmah dan contoh dari orang yang bersifat adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan.

Tugas
 Individu.
 Kelompok 2 jam Menjaga aqidah akhlak kelas x1. Tiga serangkai.
Buku-buku yang relevan dengan poko bahasan .
Alat :
1. White board dan spidol.
2. Kertas.
3. Dll.
4. Membiasakan prilaku adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan.
Upaya prilaku adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan. 1. Menjelaskan prilaku adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan.
2. Mecari dalil-dalil yang berkaitan dengan adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan.
3. Mengadakan Tanya jawab prilaku adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan. 1. Menjelaskan upaya berperilaku adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan sehari-hari.
2. Menyebutkan dalil yang berkaitan dengan adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan.
3. Mengaflikasikan perilaku adil, rido, amal soleh, persatuan dan kerukukan. Tugas
 Individu.
 Kelompok 2 jam Menjaga aqidah akhlak kelas x1. Tiga serangkai.
Buku-buku yang relevan dengan poko bahasan .
Alat :
1. White board dan spidol.
2. Kertas.
3. Dll.



Mengetahui kepala MAN 1 Mataram. Mataram .8 juli 2010

Standar Kopemtensi : 3. Membiasakan Perilaku Terpuji.

Kompetensi Dasar Manjteri Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber /Alat bahan
1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
2. Mendiskusikan pentingnya ber akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
3. Membaca, menulis, menerjemahkan dalil tentang pentingnya pergaulan remaja.

1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
2. Menunjukan pentingnya berakhlak dalam pergaulan remaja.
3. Mengidentifikasi dalil naqli tentang pentingnya pergaulan remaja .
Tugas
 Individu.
 Kelompok 2 jam Menjaga aqidah akhlak kelas x1. Tiga serangkai.
Buku-buku yang relevan dengan poko bahasan .
Alat :
1. White board dan spidol.
2. Kertas.
3. Dll.
2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh prilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
Bentuk dan contoh-contoh prilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja. 1. Bermain peran bentuk dan contoh-contoh prilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
2. Menjelaskan bentuk dan contoh-contoh prilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
3. Menjelaskan hikmah orang yang berakhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
4. Menganalisa bentuk dan contoh pergaulan remaja yang ada dilingkungan masyarakat sekitar.

1. Menjelaskan bentuk dan contoh prilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
2. Menjelaskan hikmah orang yang berakhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
3. Membandingkan bentuk dari contoh pergaulan remaja yang islam dan non islam yang ada dilingkungan masyarakat

Tugas
 Individu.
 Kelompok 2 jam Menjaga aqidah akhlak kelas x1. Tiga serangkai.
Buku-buku yang relevan dengan poko bahasan .
Alat :
1. White board dan spidol.
2. Kertas.
3. Dll.

3 . Menunjukan nilai negatif akibat prilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak islam dalam penomena kehidupan Menunjukan nilai negative pergaulan remaja. 1. Mejelaskan nilai negative akibat tidak melaksanakan bentuk pergaulan secara islami.
2. Mendiskusikan nilai negative akibat melaksanakan bentuk pergaulan secara islami.
3. Menyimpulkan semua nilai negative akibat tidak melaksanakan bentuk pergaulan secara islami. 1. Menjelaskan nilai negative tidak melaksanakan bentuk pergaulan secara islami.
2. Menunjukan nilai-nilai negative akibat tidak melaksanakan bentuk pergaulan secara islami Tugas
 Individu.
 Kelompok 2 jam Menjaga aqidah akhlak kelas x1. Tiga serangkai.
Buku-buku yang relevan dengan poko bahasan .
Alat :
1. White board dan spidol.
2. Kertas.
3. Dll.
4 . Menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehiduapan sehari-hari Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja 1. Mendiskusikan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
2. Mengaflikasikan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja yang ada di lingkungan kita.
3. Menyimpulkan semua materi yang sudah di diskusikan. 1. Menyebutkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
2. Mengaflikasikan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja yang ada dilingkungan kita. Tugas
 Individu.
 Kelompok 2 jam Menjaga aqidah akhlak kelas x1. Tiga serangkai.
Buku-buku yang relevan dengan poko bahasan .
Alat :
1. White board dan spidol.
2. Kertas.
3. Dll.



Mengetahui kepala MAN 1 Mataram. Mataram .8 juli 2010 
Setandar Kompetensi : 4 Menghindari Prilaku Tercela.

Kompetensi Dasar Manjteri Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber /Alat bahan
1. Menjelaskan pengertian israaf tabdzir dan fitnah Pengertian pengertian israaf tabdzir dan fitnah 1. Menjelaskan difinisi israaf tabdzir dan fitnah.
2. Membaca, menulis, menterjemahkandalil tentang israaf tabdzir dan fitnah.
3. Memberikan tugas untuk menghafal dalil tentang israaf tabdzir dan fitnah. 1. Mendifinisikan israaf tabdzir dan fitnah.
2. Menghapal dalil-dalil tentang israaf tabdzir dan fitnah. Tugas
 Individu.
 Kelompok 2 jam Menjaga aqidah akhlak Tiga serangkai.
Buku-buku yang relevan dengan poko bahasan .
Alat :
1. White board dan spidol.
2. Kertas.
3. Dll.
2 . Mengidentifikasi bentuk dan contoh perbuatan israaf tabdzir dan fitnah. Bentuk dan contoh perbuatan israaf tabdzir dan fitnah. 1. Menjelaskan bentuk dan contoh-contoh perbuatan israaf tabdzir dan fitnah.
2. Mendiskusikan bentuk dan contoh perbuatan israaf tabdzir dan fitnah.
3. Menyimpulkan bentuk perbuatan israaf tabdzir dan fitnah. 1. Menjelaskan bentuk dan contoh perbuatan israaf tabdzir dan fitnah.
2. Menyimpulkan dengan rinci bentuk perbuatan israaf tabdzir dan fitnah. Tugas
 Individu.
 Kelompok 2 jam Menjaga aqidah akhlak Tiga serangkai.
Buku-buku yang relevan dengan poko bahasan .
Alat :
1. White board dan spidol.
2. Kertas.
3. Dll.
3. Menunjukkan nilai-nilai negative akibat perbuatan israaf tabdzir dan fitnah. Nilai-nilai negative akibat perbuatan israaf tabdzir dan fitnah. 1. Mendiskusikan pentingnyamenghindari perbuatan israaf tabdzir dan fitnah.
2. Menyimpulkan akibat negative dari perbuatan israaf tabdzir dan fitnah. 1. Menjelaskan pentingnya menghidari perbuatan israaf tabdzir dan fitnah.
2. Menunjukan akibat negative dari perbuatan israaf tabdzir dan fitnah. Tugas
 Individu.
 Kelompok 2 jam Menjaga aqidah akhlak Tiga serangkai.
Buku-buku yang relevan dengan poko bahasan .
Alat :
1. White board dan spidol.
2. Kertas.
3. Dll.


Mengetahui kepala MAN 1 Mataram. Mataram .8 juli 2010

Nama Sekolah : Maderasah Aliyah Negri 1 Mataram
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester :X/ Genaf
Setandar Kompetensi :5.Meningkatkan Keimanan Kepda Allah Melalu Sifat- Sifatnya Dalam Asma’ul Husna.

Kopemtensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaaran Indikator Penilaian Alokasi waktu Sumber/ Bahan/ Alat
5.1.Menguraika10 Asma’ulHusna
Al-Muqshid, Al-Warits, Ah-Nafi,Al-Bahsyith, al-Hafis,al-wali,al-Wadud,ar-rafi,al-masits, al-afwuw.

10 Asma’ul Husna :
Al-muqshid, al-Warits, Ah-Nafi,al-Bahsyith, Al-Hafis,al-Wali,al-Wadud,Ar-Rafi,al-Masits, Al-Afwuw.

• Menjelaskan pengt. 10 Asma’ul Husna :
Al-Muqshid, Al-Warits, Ah-Nafi,al-Bahsyith, Al-Hafis,al-Wali,Al-WADUD,Ar-Rafi,Al-Masits, Al-Afwuw.
• Mendiskusikan 10 Asma’ul Husna :
Al-Muqshid, Al-Warits, Ah-Nafi,Al-Bahsyith, Al-Hafis,Al-Wali,Al-Wadud,Ar-Rafi,Al-Masits, Al-Afwuw.



5.1.1. Mengartikan 10 Asma’ul Husna :
Al-muqshid, al-Warits, Ah-Nafi,Al-Bahsyith, Al-Hafis,Al-Wali,Al-Wadud,Ar-Rafi,Al-Masits, Al-Afwuw.
5.1.2. Menjelaskan
10 Asma’ul Husna :
Al-Muqshid, Al-Warits, Ah-Nafi,Al-Bahsyith, Al-Hafis,Al-Wali,Al-Wadud,Ar-Rafi,Al-Masits, Al-Afwuw.

Penilaian
Kerja
Sikap dan peraktek
Dan blok tes. 2 jam Buku menjaga Aqidah dan Akhlak Kls.X MA,KTSP. Dan tiga serangkai 2008.
Al-Qur’an dan terjemahan
Aqidah Akhlak 2008.
PT. Karya toh.



5.2. Menunjukan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-sifat Allah dalam 10 Asma’ul Husna :
Al-Muqshid, Al-Warits, Ah-Nafi,Al-Bahsyith, Al-Hafis,Al-Wali,Al-Wadud,Ar-Rafi,Al-Masits, Al-Afwuw.

Bukti kebenara tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat Allah dalam Asmaul Husna. • Mendiskusikan dalil-dalil Naqli Tentang 10 Asma’ul Husna :
Al-Muqshid, Al-Warits, Ah-Nafi,Al-Bahsyith, Al-Hafis,Al-Wali,Al-Wadud,Ar-Rafi,Al-Masits, Al-Afwuw.
• Menjelaskan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui 10 Asma’ul Husna :
Al-Muqshid, Al-Warits, Ah-Nafi,Al-Bahsyith, Al-Hafis,Al-Wali,Al-Wadud,Ar-Rafi,Al-Masits, Al-Afwuw.



5.2.1. Mgeanalisis dalil Naqli tentang 10 Asma’ul Husna :
Al-Muqshid, Al-Warits, Ah-Nafi,Al-Bahsyith, Al-Hafis,Al-Wali,Al-Wadud,Ar-Rafi,Al-Masits, Al-Afwuw.
5.2.2.Mengidentifikasi bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran allah melalui 10 Asma’ul Husna :
Al-Muqshid, Al-Warits, Ah-Nafi,Al-Bahsyith, Al-Hafis,Al-Wali,Al-Wadud,Ar-Rafi,Al-Masits, Al-Afwuw. Penilaian
Kerja
Sikap dan peraktek
Dan blok tes. 2 jam


5.3. Menunjukan prilaku orang yang mengamlakan 10 : Al-Aziz, Al-Gafar,Al-Baiyitd,Al-Hafi,Al-Arauf ,Al-Bar,Al-Gafar,Al-Fatah,Al-Adh,Al-Qayyum, Dalam Kehidupan Sehari-Hari.

Prilaku orang yang mengamalkan 10 Asma’ul Husna :
Al-Muqshid, Al-Warits, Ah-Nafi,Al-Bahsyith, Al-Hafis,Al-Wali,Al-Wadud,Ar-Rafi,Al-Masits, Al-Afwuw • Menerrangkan contoh prilaku terpuji melalui 10 Asma’ul Husna :
Al-Muqshid, Al-Warits, Ah-Nafi,Al-Bahsyith, Al-Hafis,Al-Wali,Al-Wadud,Ar-Rafi,Al-Masits, Al-Afwuw
• Mendiskusikan hikmah orang yang memiliki sikap terpuji al-aziz, al-gafar,al-baiyitd,al-hafi,al-arauf ,al-bar,al-gafar,al-fatah,al-adh,al-qayyum.




5 .3.1. Memberi contoh prilaku terpuji melalui 10 Asmaul Husna : Al-Aziz, Al-Gafar,Al-Baiyitd,Al-Hafi,Al-Arauf ,Al-Bar,Al-Gafar,Al-Fatah,Al-Adh,Al-Qayyum.
5.3.2. Menunjukan hikmah bagi orang yang memiliki sikaf terpuji melalui 10 Hasmaul Husna : Al-Aziz, Al-Gafar,Al-Baiyitd,Al-Hafi,Al-Arauf ,Al-Bar,Al-Gafar,Al-Fatah,Al-Adh,Al-Qayyum. Penilaian
Kerja
Sikap dan peraktek
Dan blok tes. 4 jam
5.4. Mengladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna : Al-Aziz, Al-Gafar,Al-Baiyitd,Al-Hafi,Al-Arauf ,Al-Bar,Al-Gafar,Al-Fatah,Al-Adh,Al-Qayyum.

Teladan bagi orang yang mengamalkan sifat allah dalam 10 Asmaul Husna : Al-Aziz, Al-Gafar,Al-Baiyitd,Al-Hafi,Al-Arauf ,Al-Bar,Al-Gafar,Al-Fatah,Al-Adh,Al-Qayyum.

• Menjelaskan katagori yang termasuk berprilaku terpuji melalui 10 Asmaul Husna : Al-Aziz, Al-Gafar,Al-Baiyitd,Al-Hafi,Al-Arauf ,Al-Bar,Al-Gafar,Al-Fatah,Al-Adh,Al-Qayyum, dalam kehidupan sehari-hari.

5.4.1. Menyebutkan katagori orang yang termasuk berprilaku terpuji melalui 10 Asmaul Husna : Al-Aziz, Al-Gafar,Al-Baiyitd,Al-Hafi,Al-Arauf ,Al-Bar,Al-Gafar,Al-Fatah,Al-Adh,Al-Qayyum, dalam kehidupan sehari-hari.

5.4.2. Menunjukan akibat tidak dilaksanakan perilaku terpuji dalam 10 Asmaul Husna : Al-Aziz, Al-Gafar,Al-Baiyitd,Al-Hafi,Al-Arauf ,Al-Bar,Al-Gafar,Al-Fatah,Al-Adh,Al-Qayyum, dalam kehidupan sehari- Penilaian
Kerja
Sikap dan peraktek
Dan blok tes. 2 jam











Standar Kompetensi : 6. Membiasakan Prilaku Terpuji .

Kopemtensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaaran Indikator Penilaian Alokasi waktu Sumber/ Bahan/ Alat

6.1. Menjelakan pengertian Husnuzd ’dzan dan bertaubat. Pengertian Husnuzd ’dzan dan bertaubat. • Membaca buku mencari diskripsi tentang Husnuzd ’ Dzan dan bertaubat.
• Memprentasikan masalah Husnusd ’ Dzan dan bertaubat.
• Mendiskusikan masalah antara Husnuzd ’ Dzan dan bertaubat. 6.1.1. Mendiskripsikan pengertian Husnuzd ’ Dzan dan bertaubat.
6.1.2. Menjelaskan pentingnya Husnuzd ’ Dzan dan bertaubat.
6.1.3. Membedakan antara prilaku Husnuzd ’ Dzan dan bertaubat. Penilaian
Kerja
Sikap dan peraktek
Dan blok tes. 2 jam Buku menjaga Aqidah dan Akhlak kls.X MA,KTSP. Dan tiga serangkai 2008.
Al-Qur’an dan terjemahan
Aqidah Akhlak 2008




6.2.Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh prilaku Husnuzd ’ Dzan dan bertaubat. Bentuk dan contoh-contoh prilaku Husnuzd ’ Dzan dan bertaubat. • Mencari dan membaca buku tentang bentuk-bentuk perilaku Husnuzd ’ Dzan dan bertaubat.
• Mendiskusikan prilaku contoh-contoh Husnuzd ’ Dzan dan bertaubat.
• Mempraktekan bentuk-bentuk taubat.
• Menjelaskan contoh-contoh orang yang berprilaku taubat. 6.2.1. Menjelaskan bentuk-bentuk prilaku Huznuzd-Dzan.
6.2.2. Menganalisis contoh-contoh prilaku Huznuzd-Dzan.
6.2.3. Menjelaskan bentuk-bentuk prilaku taubat.
6.2.4. Menyebutkan contoh-contoh orang yang berprilaku taubat. Penilaian
Kerja
Sikap dan peraktek
Dan blok tes. 2 jam





6.3. Menunjukan nilai-nilai positif dari Huznuzd-Dzan dan bertaubat dalam penomena kehidupan. Nilai-nilai positif dari Huznuzd-Dzan dan bertaubat. • Menjelaskan nilai-nilai positif dari Huznuzd-Dzan dan bertaubat.
• Memprsentasikan nilai-nilai positif dari Huznuzd-Dzan dan bertaubat.
• Mendiskusikan nilai-nilai positif dari Huznuzd-Dzan dan bertaubat. 6.3.1. Menyebutkan nilai-nilai positif dari Huznuzd-Dzan dan bertaubat.
6.3.2. Memberikan contoh nilai-nilai positif dari Huznuzd-Dzan dan bertaubat.
6.3.3. Menujukan contoh orang yang berprilaku Huznuzd-Dzan dan bertaubat
Kerja
Sikap dan peraktek
Dan blok tes. 4 jam











6.4. Membiaskan berprilaku dan bertaubat. Berprilaku Huznuzd-Dzan dan bertaubat. • Menjelaskan akibat jika tidak dilaksanakannya nilai-nilai positif dari Huznuzd-Dzan dan bertaubat.
• Mendiskusikan hikmah nilai-nilai positif dari Huznuzd-Dzan dan bertaubat. 6.4.1. Menjelaskan akibat jika tidak dilaksanakan nilai-nilai poositif dari Huznuzd-Dzan dan bertaubat.
6.4.2. Menjelaskan hikmah nilai-nilai positif dari Huznuzd-Dzan dan bertaubat.
Kerja
Sikap dan peraktek
Dan blok tes. 2 jm











Standar Kopentensi : 7. Menghidari Perilaku Tercela.

Kopemtensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaaran Indikator Penilaian Alokasi waktu Sumber/ Bahan/ Alat
7.1.Menjelakan pengertia riYA’ANIAya dan Diskriminasi. Riya’aniaya dan diskriminasi. • Menjelaskan Riya’aniaya dan diskriminasi.
• Mendiskusikan dalil naqli yang berkaitan dengan pengertian Riya’aniaya dan Diskriminasi. 7.1.1.Mendefinisikan pengertian Riya’aniaya dan Diskriminasi.
7.1.2. Enganalisis dalil naqli yang berkaitan dengan pengertian Riya’aniaya dan Diskriminasi.
Kinerja
Sikap dan praktek.
Blok tes. 2 jam Buku menjaga Aqidah Akhlak. Kls, X MA. KTSP tiga serangkai 2008.
Aqidah Akhlak 2008 PT. Karya Putra Toha.

7.2.Mengidentifikasi bentuk-bentuk dan contoh-contoh perbuatan Riya’ Aniaya dan Diskriminasi. Bentuk dan contoh-contoh perbuatan Riya’ Aniaya dan Diskriminasi. • Menjelaskan bentuk dan contoh-contoh perbuatan Riya’ Aniaya dan Dirskiminasi.
• Mencari dan membaca buku refrensi yang berkaitan dengan bentuk dan contoh-contoh perbuatan Riya’ Aniaya dan Diskriminasi. 7.2.1. Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh perbuatan Riya’ Aniaya dan Diskriminasi.
7.2.2. Menyebutkan kata gori orang yang berprilaku Riya’ Aniaya dan Diskriminasi. Kinerja
Sikap dan praktek.
Blok tes 2 jam Buku menjaga Aqidah Akhlak. Kls, X MA. KTSP tiga serangkai 2008.
Aqidah Akhlak 2008 PT. Karya Putra Toha.





7.3.Menunjukan nilai-nilai negatif akibat perbuatan Riya’ Aniyaya dan Diskriminasi.


Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya’ aniyaya dan Diskriminasi.

• Menjelaskan nilai-nilai negatif akibat perbuatan Riya’ Aniyaya dan Diskriminasi.

• Mendiskusikan nilai-nilai negatif akibat perbuatan Riya’ Aniyaya dan Diskriminasi

7.3.1. Menganalisis nilai-nilai negatif akibat perbuatan Riya’ Aniyaya dan Diskriminasi.
7.3.2.Mengemukakan argumen bantahan tentang tidak benarnya sikap Riya’ Aniyaya dan Diskriminasi.
7.3.3. Menunjukan contoh-contoh orang yang menghidari perbuatan Riya’ Aniyaya dan Diskriminasi. Kinerja
Sikap
Praktek.
Blok tes 4 jam Buku menjaga Aqidah Akhlak. Kls, X MA. KTSP tiga serangkai 2008.
Aqidah Akhlak 2008 PT. Karya Putra Toha.



7.4.Membiasakan diri dari hal- hal yang mengarah pada perilaku Riya’ Aniyaya dan Diskriminasi Hal-hal yang mengarah pada perilaku Riya’ Aniyaya dan Diskriminasi • Menjelaskan pentingnya menghindari hal-hal yang mengarah pada perilaku Riya’ Aniyaya dan Diskriminasi.
• Mendiskusikan hikmah dari menghindari hal-hal yang mengarah pada perilaku Riya’ Aniyaya dan Diskriminasi. 7.4.1. Meneladani orang yang menghindari sikap yang mengarah pada prilaku Riya’ Aniyaya dan Diskriminasi.
7.4.2. Menunjukan hikmah menghidari hal-hal yang mengarah pada perilaku Riya’ Aniyaya dan Diskriminasi. Praktek
(sikap) 2 jam Buku menjaga Aqidah Akhlak. Kls, X MA. KTSP tiga serangkai 2008.
Aqidah Akhlak 2008 PT. Karya Putra Toha.





Mengetahui Kepala MAN 1 Mataram. Mataram .8 juli 2010

TIM SILABUS AKIDAH AKHLAK
Kls X dan XI Maderasah Aliyah
Tahun pelajaran 2010 – 2011




1. M. Sholahuddin M.Pd. ( Kordonator )
2. Hj. Mislahah S. Ag. ( Anggota )
3. Hj. Nuralul Alwalliyyil S. Ag. ( Anggota )
4. Hj. Muslimah MA.As.Raisiyah. ( Anggota )
5. Rina Minduri Hati ( Anggota )
6. Mahmud MA.Miftahul Islah ( Anggota )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar